Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross | Jaringan LAN

Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross Jaringan LAN – Karena saya mahasiswa jurusan komputer , saya menghadapi mata kuliah berbasis jaringan , dalam sebuah jaringan yang mengkoneksikan komputer antar komputer terdapat berbagai macam model topologi , yang mana dalam membuat topologi jaringan kita membutuhkan sebuah konektor yang disebut dengan kabel UTP, kabel UTP bukan kabel sembarangan , cara membuat kabel jaringan lan kabel UTP adalah kabel khusus yang di rangkai berdasarkan warna dan digunakan khusus sebagai layer phisycal , kabel utp terbagi menjadi 2 jenis yaitu UTP model Cross dan UTP model Straight , kedua nya sama – sama sebagai alat penghubung.Kita akan bahas satu per satu Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross|Jaringan LAN

Cara Membuat Kabel UTP Straight
Kabel UTP Straight adalah kabel yang digunakan sebagai penghubung beberapa client dengan menggunakan bantuan hub ataupun switch. Urutan rna nya yaitu : (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) – (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat dgn Coklat) , susunan ujung kabel nya sama.

Cara Membuat Kabel UTP Cross
sedangkan , kabel utp cross adalah kabel penghubung antara 2 unit komputer secara langsung , tanpa perlu hub , dan susunan ujung dgn ujung berbeda , kita sebut aja ujung A dan ujung B .

Ujung A (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) - (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat – Coklat)

Ujung B (Putih-hijau – Hijau) – (Putih-orange – Biru) – (Putih-biru – Orange) – (Putih-coklat – Coklat)

dalam penyusunan Warna jangan sampai ada yang terbaliknya , salah satu maka tidak bisa digunakan, setelah semuanya di rangkai berdasarkan susunan warna masukan ke 8 kabel itu kedalam Konektor RJ-45 untuk mengematenkan (kencang) menggunakan alat Crimping .. Utuk mengetahui keberhasilan kabel maka gunakan lah tester .

Sebelumnya Persiapkan Alat dan Bahan :

UTP Cable - Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair).
Konektor RJ-45 – RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.
Crimping Tool - Alat yang kita gunakan untuk memasang kabel jaringan. Peralatan ini memiliki multi fungsi, diantaranya bisa memotong kabel, membuka bungkus kabel (jacket) dan menjepit kepala konektor.

Cable Stripper – Digunakan untuk memotong benang halus yang ada didalam kabel dan juga bisa digunakan untuk memotong jacket pelindung kabel. Biasanya include dengan Crimping Tool.
Cable Tester – Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.
demikian lah sedikit artikel tentang kabel utp cross dan straight , semoga dapat membantu teman-teman untuk membuat sebuah jaringan .

sumber : http://cookies.web.id/2012/01/cara-membuat-kabel-utp-straight-cross.html
Rating:5


Article Information :
Description: Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross | Jaringan LAN
Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross | Jaringan LAN - Rating: 5
10out of 10 based on 32,050 ratings. 1 user reviews.
DMCA.com
Jangan kalah dengan blogger negara tetangga, sertakan link sumber saat berbagi informasi .

Rekomendasi Post

Posting Komentar

 
x

We Need Your Help :(

Subscribe Now !
 
 FB


Get This